RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP …………………..
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : VII/1 (Satu)
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Indikator : 6.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
6.1.2 Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
6.1.3 Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Alokasi Waktu 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Melalui kegiatan observasi terhadap hewan piaraan di rumah, siswa dapat mengidentifikasi 6 ciri-ciri makhluk hidup
2. Melalui kegiatan observasi terhadap tumbuhan di halaman sekolah, siswa dapat mengidentifikasi 6 ciri-ciri makhluk hidup.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat membedakan ciri tumbuhan dengan hewan.
4. Melalui diskusi hasil observasi kelompok, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
• Memerlukan makanan dan air
Makanan berfungsi sebagai penghasil tenaga, pengganti sel-sel tubuh yang rusak, dan untuk pertumbuhan.
Bentuk dan cara mendapatkan makanan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain berbeda-beda tergantung dari jenis makhluk hidupnya.
• Bernafas (respirasi)
Pernafasan adalah proses pengambilan oksigen dari lingkungan ke dalam tubuh dan pengeluaran gas sisa pembakaran. Pada hewan darat umumnya melalui organ hidung dan paru-paru sedangkan pada ikan melalui insang. Pada tumbuhan udara dapat keluar masuk melalui dauan (stomata), batang dan akar (lenti sel).
• Tanggap terhadap rangsangan (iritabilitas)
Semua makhluk hidup mampu menerima dan memberi reaksi terhadap rangsangan.
• Bergerak
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak, baik dengan sebagian tubuh maupun seluruh tubuh.
• Mengalami pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran, volume dan jumlah sel yang disebabkan oleh adanya penambahan substansi sel yang tidak dapat balik (bersifat irreversible), dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan satuan.
Perkembangan adalah perubahan menuju ke arah yang lebih dewasa (menuju ke tingkat yang lebih matang).
• Berkembang biak
Untuk melestarikan jenisnya semua makhluk hidup harus memiliki kemampuan berkembang biak, baik secara seksual maupun aseksual.
• Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
Manusia dan hewan mengeluarkan zat sisa melalui proses respirasi, ekskresi, dan defekasi. Sementara pada tumbuhan, pengeluaran zat sisa melalui proses respirasi, transpirasi, dan gutasi.
• Melakukan adaptasi
Adaptasi adalah proses penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan hidupnya baik dari segi morfologi alat-alat tubuh, fungsi alat-alat tubuh, dan perilaku.
• Memerlukan suhu tertentu untuk hidup
Makhluk hidup hanya dapat bertahan hidup pada lingkungan bersuhu tertentu.
C. METODOLOGI PEMBELAJARAN
¤ Pendekatan : Contextual Teaching and Learning (CTL)
¤ Metode : Observasi, diskusi, penugasan
¤ Strategi : Pembelajaran berbasis inkuiri
¤ Teknik : Ceramah, diskusi, presentasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan pendahuluan (±10 menit)
1. Menyajikan pertanyaan atau masalah
Guru menanyakan kepada siswa tentang kegiatan pengamatan terhadap hewan piaraan yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. Guru membimbing siswa mengidentifikasi masalah, selanjutnya masalah dituliskan di papan tulis. Guru membagi siswa dalam kelompok.
Contoh pertanyaan yang ditulis di papan tulis :
• Bagaimana hasil pengamatan kalian terhadap hewan piaraan kalian di rumah? Apa saja yang dilakukannya?
• Apakah yang dilakukan oleh hewan piaraan kalian sama dengan apa yang kita lakukan?
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang.
Prasyarat pengetahuan
• Kinerja ilmiah
Pra Pengamatan
Guru membagikan lembar kegiatan siswa.
b. Kegiatan Inti (±40 menit)
1. Membuat hipotesis
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk curah pendapat dalam membentuk hipotesis. Guru membimbing siswa dalam menentukan hipotesis mana yang menjadi prioritas penyelidikan.
2. Merancang percobaan
Guru memberikan penjelasan langkah-langkah percobaan/pengamatan/ observasi/eksplorasi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan hipotesis yang akan dilakukan. Guru membimbing siswa mengurutkan langkah-langkah percobaan. Guru.
3. Melakukan percobaan/pengamatan/observasi/eksplorasi
Guru membimbing siswa mendapatkan informasi melalui percobaan/pengamatan.
4. Mengumpulkan dan menganalisis data
Guru mengadakan elaborasi bersama dengan peserta didik. Guru memberi kesempatan pada setiap kelompok untuk menyampaikan hasil percobaan/pengamatan/observasi/eksplorasi yang berhasil dikumpulkan. Siswa melakukan diskusi secara klasikal terhadap hasil observasi dari masing-masing kelompok. Guru membimbing dan memfasilitasi jalannya diskusi serta memberikan umpan balik (konfirmasi) terhadap hasil observasi dan diskusi.
c.Kegiatan Penutup ( ±20 menit)
5. Membuat kesimpulan
Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman pembelajaran
Guru memberikan tes formatif untuk mengetahui ketercapaian kompetensi
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat laporan hasil pengamatan.
E. ALAT SUMBER BELAJAR
1.Tumbuhan di halaman sekolah 4. Buku siswa 7. Buku referensi
2. Hewan piaraan 5. Lingkungan
3. Siswa 6. LKS
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a. Tehnik Penilaian : Tes tulis, tes kinerja, portofolio berupa laporan hasil pengamatan
b. Bentuk Instrumen : Tes objektif (pilihan ganda), tes uraian, uji petik kerja dan Lembar penilaian laporan hasil pengamatan/observasi
c. Instrumen :
Tes Formatif
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
I. Tes tertulis bentuk pilihan ganda
Petunjuk !
• Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda ’X’ pada huruf a, b, c atau d !
• Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu), dan yang salah diberi skor 0 (nol).
Soal
1. Kucing Si Rudi beranak tiga ekor. Diantara ciri-ciri makhluk hidup, yang paling tepat dengan kejadian ini adalah ....
a. berkembang biak
b. tumbuh membesar
c. memerlukan sumber energi
d. memerlukan oksigen untuk pembakaran
Jawaban : A
2. Tadi pagi si Andi pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Kejadian ini menunjukkan bahwa makhluk hidup....
a. Berkembangbiak
b. bergerak
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. tumbuh membesar
Jawaban : B
3. Fotosintesis adalah cara tumbuhan-tumbuhan untuk menmbuat....
a. buah dan biji
b. makanan
c. karbondioksida
d. oksigen untuk pembakaran
Jawaban : B
4. Pada waktu TK tinggi tubuh Dono 100 cm. Sepuluh tahun kemuadian ternyata setelah diukur tinggi badan Dono 175 cm. Diantara ciri-ciri makhluk hidup, yang paling tepat dengan kejadian ini adalah Dono....
a. memerlukan makanan
b. mengalami perkembangan
c. mengalami pertumbuhan
d. mendapatkan tinggi badan yang ideal
Jawaban : C
5. Setiap saat tanpa disadari manusia mengeluarkan gas karbondioksida dari lubang hidung. Pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh manusia/hewan disebut....
a. respirasi
b. ekskresi
c. transpirasi
d. sekresi
Jawaban : A
6. Pot yang kita letakkan di dekat jendela, akan condong ke arah datangnya sinar matahari. Gejala hidup seperti itu adalah ....
a. gerak akibat proses pertumbuhan
b. gerak akibat proses perkembangan
c. tumbuh akibat proses gerak
d. gerak akibat proses iritabilitas
Jawaban : D
7. Ketika udara dingin, kucing si Antok tidurnya meringkuk. Ujung hidungnya nyaris tidak kelihatan. Kebiasaan tidur seperti ini merupakan contoh dari peristiwa....
a. pertumbuhan
b. perkembangan
c. adaptasi
d. perkembangbiakan
Jawaban : C
8. Keluar masuknya udara yang terjadi pada tubuh kita adalah peristiwa yang menunjukkan bahwa makhluk hidup melakukan....
a. Respirasi
b. perkembangan
c. adaptasi
d. perkembangbiakan
Jawaban : C
9. Di kolam sekolah, sering terlihat bangkai kecebong. Pada saat air kolam disentuh ternyata airnya sedikit hangat. Hal ini menunjukkan bahwa untuk bisa hidup makhluk hidup memerlukan....
a. makanan
b. air
c. suhu tertentu
d. oksigen
Jawaban : C
10. Ketika tanaman putri malu disentuh, daunnya akan menguncup. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman putri malu....
a. malu terhadap sentuhan tangan
b. peka terhadap rangsangan sentuhan
c. beradaptasi dengan sentuhan
d. menerima sentuhan
Jawaban : B
Skor perolehan
Nilai = -------------------------------- x 100%
Skor maksimal
II. Tes uraian
Petunjuk !
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!
Soal
1. Apa yang akan terjadi apabila makhluk hidup tidak dapat berkembang biak?
Jawaban : Jika makhluk hidup tidak dapat berkembang biak maka makhluk hidup di dunia ini menjadi punah.
Skor maksimal : 2
2. Ciri-ciri mahluk hidup yang manakah dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan? Jelaskan!
Jawaban : Ciri-ciri makhluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dengan tumbuhan adalah bergerak. Hewan bergerak dengan seluruh anggota tubuhnya (menimbulkan gerak pindah tempat) sedangkan tumbuhan hanya sebagian tubuhnya yang bisa bergerak (tidak bisa pindah tempat)
Skor maksimal : 3
3. Melalui organ apakah keluar masuknya udara pada proses pernafasan tumbuhan hijau?
Jawaban : Keluar masuknya udara pada proses pernafasan tumbuhan melalui organ daun (stomata), batang dan akar (lenti sel)
Skor : 1
4. Berilah tiga buah contoh bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan!
Jawaban : tiga buah contoh bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan :
- tumbuhan dari rendah menjadi tinggi
- Bertambahnya tinggi badan manusia
- Membesarnya batang tanaman
- Pertumbuhan janin dalam rahim ibu
Skor maksimal : 2
5. Apakah yang dimaksud dengan adaptasi dan apa tujuannya?
Jawaban : Adaptasi adalah proses penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan hidupnya baik dari segi morfologi alat-alat tubuh, fungsi alat-alat tubuh, dan perilaku
Skor maksimal : 2
Skor perolehan
Nilai Siswa = -------------------------------- x 100%
Skor maksimal
III. Uji Petik Kerja dan Prosedur untuk Siswa
No Aspek yang dinilai Skor
1 2 3 4 5
A Melakukan pengamatan terhadap hewan piaraan di rumah
B Membuat dan mengajukan hipotesis
C Menyiapkan alat / bahan percobaan
D Melakukan percobaan sesuai dengan prosedur dan memperoleh data
E Menyajikan hasil percobaan
F Kegiatan dalam diskusi
G Ketepatan kesimpulan dengan tujuan percobaan
Skor Maksimal 35
Rubrik Uji Petik Kerja dan Prosedur (Asesmen kinerja)
A. Melakukan Pengamatan terhadap Hewan Piaraan di rumah
Kriteria Skor
Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan pengamatan terhadap hewan piaran sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data yang tepat 5
Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan pengamatan terhadap hewan piaran sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data namun kurang tepat 4
Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan pengamatan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data namun kurang tepat 3
Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan pengamatan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan tidak mampu memperoleh data 2
Siswa tidak melakukan pengamatan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan tidak mampu memperoleh data 1
B. Membuat dan Mengajukan Hipotesis
Kriteria Skor
Siswa membuat dan mengajukan hipotesis sesuai dengan tujuan 5
Siswa membuat dan mengajukan hipotesis namun kurang sesuai dengan tujuan 4
Siswa membuat dan mengajukan hipotesis namun tidak sesuai dengan tujuan 3
Siswa membuat dan tidak mengajukan hipotesis sesuai dengan tujuan 2
Siswa tidak membuat dan tidak mengajukan hipotesis sesuai dengan tujuan 1
C. Menyiapkan Alat / Bahan Percobaan
Kriteria Skor
Siswa membawa alat/bahan yang lengkap sesuai dengan LKS 5
Siswa membawa alat/bahan yang kurang lengkap tetapi sesuai dengan LKS 4
Siswa membawa alat/bahan yang kurang lengkap dan tidak sesuai dengan LKS 3
Siswa membawa alat/bahan yang tidak lengkap dan tidak sesuai dengan LKS 2
Siswa tidak membawa alat/bahan yang lengkap sesuai dengan LKS 1
D. Melakukan Percobaan Sesuai dengan Prosedur dan Memperoleh Data
Kriteria Skor
Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data yang tepat 5
Siswa antusias dan sungguh-sungguh melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data namun kurang tepat 4
Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan mampu memperoleh data namun kurang tepat 3
Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan tidak mampu memperoleh data 2
Siswa tidak antusias dan sungguh-sungguh melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS, dan tidak mampu memperoleh data 1
E. Menyajikan Hasil Percobaan
Kriteria Skor
Siswa antusias dan dapat menyajikan hasil kerja kelompok dengan tepat 5
Siswa antusias dan dapat menyajikan hasil kerja kelompok namun kurang tepat 4
Siswa kurang antusias dan dapat menyajikan hasil kerja kelompok namun kurang tepat 3
Siswa kurang antusias dan tidak dapat menyajikan hasil kerja kelompok dengan tepat 2
Siswa tidak antusias dan tidak dapat menyajikan hasil kerja kelompok dengan tepat 1
F. Kegiatan Siswa dalam Diskusi
Kriteria Skor
Siswa antusias dan sungguh-sungguh untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengungkapkan pendapat dengan tepat 5
Siswa antusias dan sungguh-sungguh untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengungkapkan pendapat, tetapi kurang tepat 4
Siswa antusias untuk bertanya, tetapi kurang sungguh-sungguh menjawab pertanyaan dan mengungkapkan pendapat serta kurang tepat 3
Siswa kurang antusias dan sungguh-sungguh untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengungkapkan pendapat serta kurang tepat 2
Siswa tidak antusias dan sungguh-sungguh untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengungkapkan pendapat serta tidak tepat 1
G. Ketepatan kesimpulan dengan tujuan
Kriteria Skor
Siswa dapat membuat kesimpulan yang tepat dan sesuai dengan tujuan 5
Siswa dapat membuat kesimpulan yang kurang tepat dan sesuai dengan tujuan 4
Siswa dapat membuat kesimpulan yang kurang tepat tidak sesuai dengan tujuan 3
Siswa dapat membuat kesimpulan yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan tujuan 2
Siswa tidak dapat membuat kesimpulan yang tepat sesuai dengan tujuan 1
Rekapitulasi Skor Uji Petik dan Prosedur (asessmen kinerja)
Skor maksimal = 35
Skor perolehan
Nilai Uji Petik = ----------------------------- x 100%
Skor maksimal
IV. Portofolio Berupa Laporan Hasil Observasi
4.1 Kerangka Laporan
A. Judul
B. Tujuan
C. Landasan Teori
D. Alat dan Bahan
E. Cara Kerja
F. Hasil Pengamatan
G. Pembahasan dan Jawaban Pertanyaan
*Laporan di kumpulkan satu minggu setelah observasi dilakukan!
4.2. Pedoman Penilaian Laporan
PEDOMAN PENILAIAN LAPORAN
Komponen Bobot
(%) Skor
(1 - 10) B x S
1. Tampilan Karya dan disiplin
• Kerapian
• Kebersihan
• Ketepatan waktu 10
2. Ketepatan Tata Penulisan
• Tanda baca
• Kalimat
• Alenia
• Referensi 20
3. Setruktur Karya
• Kesesuaian dengan pedoman 10
4. Kualitas Isi
• Kelengkapan deskripsi
• Kerasionalan argumentasi 60
Skor total
*Catatan : Format ini langsung dimasukkan ke dalam laporan, diletakkan setelah halaman sampul
Skor perolehan
Nilai laporan = ----------------------------- x 100%
Skor maksimal
..................,………………….
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP ………………..
………………………… ……………………….
NIP. NIP.
LEMBAR KERJA SISWA
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Judul Kegiatan : Mengamati Ciri-Ciri Makhluk hidup
Indikator :
6.1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup.
6.1.2. Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi.
6.1.3. Membedakan ciri tumbuhan dan hewan.
A. Tujuan
Tujuan dari kegiatan hari ini adalah sebagai berikut:
1. Melalui kegiatan observasi terhadap tumbuhan di halaman sekolah, siswa dapat mengidentifikasi 6 ciri-ciri makhluk hidup.
B. Uraian Materi
Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
• Memerlukan makanan dan air
Makanan berfungsi sebagai penghasil tenaga, pengganti sel-sel tubuh yang rusak, dan untuk pertumbuhan.
Bentuk dan cara mendapatkan makanan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain berbeda-beda tergantung dari jenis makhluk hidupnya.
• Bernafas (respirasi)
Pernafasan adalah proses pengambilan oksigen dari lingkungan ke dalam tubuh dan pengeluaran gas sisa pembakaran. Pada hewan darat umumnya melalui organ hidung dan paru-paru sedangkan pada ikan melalui insang. Pada tumbuhan udara dapat keluar masuk melalui dauan (stomata), batang dan akar (lenti sel).
• Tanggap terhadap rangsangan (iritabilitas)
Semua makhluk hidup mampu menerima dan memberi reaksi terhadap rangsangan.
• Bergerak
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak, baik dengan sebagian tubuh maupun seluruh tubuh.
• Mengalami pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran, volume dan jumlah sel yang disebabkan oleh adanya penambahan substansi sel yang tidak dapat balik (bersifat irreversible), dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan satuan.
Perkembangan adalah perubahan menuju ke arah yang lebih dewasa (menuju ke tingkat yang lebih matang).
• Berkembang biak
Untuk melestarikan jenisnya semua makhluk hidup harus memiliki kemampuan berkembang biak, baik secara seksual maupun aseksual.
• Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
Manusia dan hewan mengeluarkan zat sisa melalui proses respirasi, ekskresi, dan defekasi. Sementara pada tumbuhan, pengeluaran zat sisa melalui proses respirasi, transpirasi, dan gutasi.
• Melakukan adaptasi
Adaptasi adalah proses penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan hidupnya baik dari segi morfologi alat-alat tubuh, fungsi alat-alat tubuh, dan perilaku.
• Memerlukan suhu tertentu untuk hidup
Makhluk hidup hanya dapat bertahan hidup pada lingkungan bersuhu tertentu.
C. Alat dan Bahan
Alat : Bahan :
1. Pensil 1. Tumbuhan putri malu
2. Penghapus 2. Belalang/hewan lain yang ada di kebun sekolah
3. Buku tulis 3. Teman-teman kalian
4. Penggaris 4. Bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)
5. Kantung plastik 5. Alang-alang
bening 6. Air
6. Benang
7. Botol aqua gelas
D. Cara Kerja
1. Carilah tumbuhan putri malu dan sentuhlah bagian tangkai daunnya dengan menggunakan pensilmu dari atas! Apakah yang terjadi pada tanaman tersebut? Catat hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan!
2. Setelah melakukan pengamatan pada poin satu tadi, selanjutnya tanaman putri malu yang lainnya dibungkus dengan kantung plastik ukuran 1 kg. Biarkan selama 10 menit. Apakah yang dapat diamati pada kantung plastik tersebut? Catat hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan.
3. Temukan tanaman bunga kembang sepatu. Kemudian ukurlah panjang dan lebar daun yang berada dipucuk batang dengan daun yang ada di cabang dan ranting. Apakah ada perbedaan? Catat hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan!
4. Pada tanaman yang sama ukurlah diameter batang yang ada di pucuk batang, dengan menggunakan benang yang dilingkarkan pada batang selanjutnya benang tersebut dibentangkan di atas penggaris, catat angka yang ditunjukkan oleh ujung benag pada tabel hasil pengamatan
5. Kemudian dengan cara yang sama seperti nomor 4, ukurlah pula diameter batang yang berada di bawahnya! Catat hasil pengukuranmu pada tabel hasil pengamatan!
6. Potonglah daun alang-alang. Biarkan selama kurang lebih 10 menit di atas lantai. Amati apa yang terjadi pada potongan daun tadi! Tulis hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan.
7. Rendamlah alang-alang tadi ke dalam air pada gelas aqua. Biarkan selama kurang lebih 10 menit. Apakah yang terjadi.? Catat hasil pengukuranmu pada Tabel hasil pengamatan!
E. Tuliskan Hasil Pengamatanmu di sini!
Tabel 01. Tabel hasil pengamatan/pengukuran
No Nama Makhluk hidup Perlakuan Hasil Pengamatan
1 Putri malu Disentuh dari atas ..............
F. Pembahasan
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
F. Pertanyaan
1. Mengapa ada perbedaan ukuran panjang dan lebar daun pada pohon yang sama?
2. Mengapa ada perbedaan diameter batang yang ada di ujung atas dengan yang ada di bawahnya?
3. Bandingkalah hasil pengamatanmu dengan hewan piaraanmu di rumah! Apakah ada persamaan atau perbedaan yang dapat kalian amati?
4. Berdasarkan hasil pengamatan apa sajakah yang merupakan ciri-ciri makhluk hidup?
5. Apakah ada perbedaan ciri yang sangat mendasar antara tumbuhan yang kamu amati dengan hewan piaranmu?
G. Kesimpulan
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Minggu, 27 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar