I GEDE JONIARTA,S.PD
SMP N 3 PETANG, BADUNG, BALI
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
Ranah Kognitif | |||||||||||||
| Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian | ||||||||
| Mengutip | Menambah | Memerlukan | Menganalisis | Mengabstraksi | Mempertimbangkan | ||||||||
| Menyebutkan | Memperkirakan | Menyesuaikan | Mengaudit/memeriksa | Menganimasi | Menilai | ||||||||
| Menjelaskan | Menjelaskan | Mengalokasikan | Membuat blueprint | Mengatur | Membandingkan | ||||||||
| Menggambar | Mengkategorikan | Mengurutkan | Membuat garis besar | Mengumpulkan | Menyimpulkan | ||||||||
| Membilang | Mencirikan | Menerapkan | Memecahkan | Mendanai | Mengkontraskan | ||||||||
| Mengidentifikasi | Merinci | Menentukan | Mengkarakteristikkan | Mengkategorikan | Mengarahkan | ||||||||
| Mendaftar | Mengasosiasikan | Menugaskan | Membuat dasar pengelompokkan | Mengkode | Mengkritik | ||||||||
| Menunjukkan | Membandingkan | Memperoleh | Merasionalkan | Mengkombinasikan | Menimbang | ||||||||
| Memberi label | Menghitung | Mencegah | Menegaskan | Menyusun | Mempertahankan | ||||||||
| Membuat index | Mengkontraskan | Mencanagkan | Membuat dasar pengkontras | Mengarang | Memutuskan | ||||||||
| Memasangkan | Mengubah | Mengkalkulasi | Mengkorelasikan | Membangun | Memisahkan | ||||||||
| Menemutunjukkan | Mempertahankan | Menangkap | Mendeteksi | Menanggulangi | Memprediksi | ||||||||
| Menamai | Menguraikan | Memodifikasi | Mendiagnosis | Menghubungkan | menilai | ||||||||
| Membuat kerangka | Menjalin | Mengklasifikasikan | Mendiagramkan | Menciptakan | Memperjelas | ||||||||
| Menandai | Membedakan | Melengkapi | Mendiversifikasikan | Mengkreasikan | Merangking | ||||||||
| Membaca | Mendiskusikan | Menghitung | Menyeleksi | Mengkoreksi | Menugaskan | ||||||||
| Menyadari | Mengunggulkan | Membangun | Memerinci ke bagaian-bagian | Memotret | Menafsirkan | ||||||||
| Menghapal | Menggali | Membiasakan | Menominasikan | Merancang | Memberi pertimbangan | ||||||||
| Meniru | Mengira | Mendemonstrasikan | Mendokumentasikan | Mengembangkan | Membenarkan | ||||||||
| Mencatat | Mencontohkan | Menurunkan | Menjamin | Merencanakan | Mengukur | ||||||||
| Mengulang | menerangkan | Menentukan | Menguji | Mendikte | Memproyeksi | ||||||||
| Mereproduksi | Mengemukakan | Menemukan | Mencerahkan | Meningkatkan | Memerinci | ||||||||
| Meninjau | Memperluas | Menggambarkan | Menjelajah | Memperjelas | Menggradasi | ||||||||
| Memilih | Mempolakan | Menemukan kembali | Membagankan | Memfasilitasi | Merentangkan | ||||||||
| Menyatakan | Memfaktorkan | Membagankan | Memfile | Membentuk | Merekomendasikan | ||||||||
| Mempelajari | Menggeneralisasikan | Menggunakan | Membuat kelompok | Merumuskan | Melepaskan | ||||||||
| Mentabulasi | Memberikan | Menilai | Mengidentifikasi | Menggeneralisasi | Memilih | ||||||||
| Memberi kode | Menmyimpulkan | Melatih | Mengilustrasikan | Menumbuhkan | Merangkum | ||||||||
| Menelusuri | Berinteraksi | Menggali | Menyimpulkan | Menangani | Mendukung | ||||||||
| Menulis | Mengumpulkan | Membuka | Menginterupsi | Mengirim | Mengetes | ||||||||
| | Memaknai | Mengemukakan | Menemukan | Memperbaiki | Memvalidasi | ||||||||
| | Mengamati | Membuat faktor | Menelaah | Menggabungkan | Membuktikan kembali | ||||||||
| | Merumuskan kembali | Membuat gambar | Menata | Memadukan | | ||||||||
| | Menggrafikkan | Membuat grafik | Mengelola | Membatasi | | ||||||||
| | Meramalkan | Menangani | Memaksimalkan | Menggabungkan | | ||||||||
| | Memperbaiki | Mengilustrasikan | Meninimalkan | Mengajar | | ||||||||
| | Menulis kembali | Mengadaptasi | Mengoptimalkan | Membuat model | | ||||||||
| | Membuat abstraksi | Menyelidiki | Memerintahkan | Mengimprovisasi | | ||||||||
| | Merangkum | Memanipulasi | Menggarisbesarkan | Membuat jaringan | | ||||||||
| | Menjabarkan | Mempercantik | Memberi tanda/kode | Mengorganisasikan | | ||||||||
| | Mengkomunikasikan secara visual | Mengoperasikan | Memprioritaskan | Mensketsa | | ||||||||
| | | Mempersoalkan | Mengedit | Mereparasi | | ||||||||
| | | Mengkonsepkan | Menanyakan | Merencanakan | | ||||||||
| | | Melaksanakan | Mengaitkan | Menampilkan | | ||||||||
| | | Meramalkan | Memilih | Menyiapkan | | ||||||||
| | | Menyiapkan | Memilah | Meresepkan | | ||||||||
| | | Memberi harga | Mengukur | Memproduksi | | ||||||||
| | | Memproses | Membagi ulang | Membuat program | | ||||||||
| | | Memproduksi | Melatih | Menata ulang | | ||||||||
| | | Memproyeksikan | Mentransfer | Merekonstruksi | | ||||||||
| | | Melindungi | | Mencari referensi | | ||||||||
| | | Menyediakan | | Menggunakan referensi | | ||||||||
| | | Mengakitkan | | Mereferensikan | | ||||||||
| | | Melingkari | | Memperbaiki | | ||||||||
| | | Menyusun | | Menuliskan kembali | | ||||||||
| | | Mempertunjukkan | | Menspesifikasikan | | ||||||||
| | | Mensimulasikan | | Merangkum | | ||||||||
| | | Mensketsakan | | Mengkomposisikan | | ||||||||
| | | Memecahkan | | | | ||||||||
| | | Melanggankan | | | | ||||||||
| | | Mentabulasi | | | | ||||||||
| | | Membuat transkrip | | | | ||||||||
| | | Menterjemahkan | | | | ||||||||
| | | Melakukan | | | | ||||||||
Ranah Psikomotor | |||||||||||||
| Mengaktifkan | Mengoreksi | Melonggrakan | Mengalihkan |
| |||||||||
| Menyesuaikan | Mengkreasikan | Membuat | Memecahkan masalah |
| |||||||||
| Menggabungkan | Mendemonstrasikan | Memanipulasi | Menempel |
| |||||||||
| Melamar | Merancang | Mereparasi | Memadankan |
| |||||||||
| Mengatur | Memilah | Mencampur | Menjeniskan |
| |||||||||
| Mengumpulkan | Melatih | Memmaku | Menjahit |
| |||||||||
| Menimbang | Mengencangkan | Mengoperasikan | Mempertajam |
| |||||||||
| Memperkecil | Memperbaiki | Menjalankan | Membentuk |
| |||||||||
| Membangun | Mengikuti | Menekan | Mensketsa |
| |||||||||
| Mengkalibrasi | Menggiling | Memproduksi | Memulai |
| |||||||||
| Mengubah | Memegang | Menarik | Menyetir |
| |||||||||
| Membersihkan | Memalu | Mendorong | Menggunakan |
| |||||||||
| Menutup | Memanaskan | Memindahkan | Menimbang |
| |||||||||
| Mengkombinasikan | Menggantung | Memperbaiki | Membungkus |
| |||||||||
| Memposisikan | Mengidentifikasikan | Menggantikan | Mengemas |
| |||||||||
| Menyambungkan | Mengisi | Memutar | |
| |||||||||
| Mengkonstruksi | Menempatkan | Menggirim | |
| |||||||||
RANAH AFEKTIF | |||||||||||||
| Menerima | Menanggapi | Bekerja sama | Menganut | Menghayati | |||||||||
| Mempertanyakan | Bertanggungjawab | Mengasumsikan tanggungjawab | Mengubah | Bertindak | |||||||||
| Memilih | Membantu | Meyakini | Menata | Mengubah perilaku | |||||||||
| Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi | Mengklasifikasikan | Berakhlak mulia | |||||||||
| Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan | Mengkombinasikan | Berfilosofi | |||||||||
| Menmganut | Menyenangi | Memperjelas | Mempertahankan | Mempengaruhi | |||||||||
| Mematuhi | Menyambut | Membedakan | Membangun | Menimbang masalah | |||||||||
| Meminati | Mendukung | beriman | Membentuk pendapat | Mendengarkan | |||||||||
| | Menyetujui | Memprakarsai | Menunjukkan dengan | Mengajukan usulan | |||||||||
| | Menampilkan | Mengundang | memadukan | Mengkualifikasi | |||||||||
| | Melaksanakan | Menggabungkan | Mengelola | Mempertanyakan | |||||||||
| | Menampilkan | Memperjelas | Menimbang alternatif | Melayani | |||||||||
| | Melaporkan | Berperanserta | Menegosiasi | Menunjukkan kematangan/kedewasaan | |||||||||
| | Memilih | Mengusulkan | Berembuk | Memecahkan | |||||||||
| | Mengatakan | Menekankan | Bersilang pendapat | Membuktikan kembali | |||||||||
| | Membuat pertanyaan | Berbagi | | | |||||||||
| | Memilah | Menyumbang | | | |||||||||
| | Menolak | Bekerjakeras | | | |||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar