I GEDE JONIARTA,S.PD
SMP N 3 PETANG, BADUNG, BALI
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
Ranah Kognitif | |||||||||||||
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian | ||||||||
Mengutip | Menambah | Memerlukan | Menganalisis | Mengabstraksi | Mempertimbangkan | ||||||||
Menyebutkan | Memperkirakan | Menyesuaikan | Mengaudit/memeriksa | Menganimasi | Menilai | ||||||||
Menjelaskan | Menjelaskan | Mengalokasikan | Membuat blueprint | Mengatur | Membandingkan | ||||||||
Menggambar | Mengkategorikan | Mengurutkan | Membuat garis besar | Mengumpulkan | Menyimpulkan | ||||||||
Membilang | Mencirikan | Menerapkan | Memecahkan | Mendanai | Mengkontraskan | ||||||||
Mengidentifikasi | Merinci | Menentukan | Mengkarakteristikkan | Mengkategorikan | Mengarahkan | ||||||||
Mendaftar | Mengasosiasikan | Menugaskan | Membuat dasar pengelompokkan | Mengkode | Mengkritik | ||||||||
Menunjukkan | Membandingkan | Memperoleh | Merasionalkan | Mengkombinasikan | Menimbang | ||||||||
Memberi label | Menghitung | Mencegah | Menegaskan | Menyusun | Mempertahankan | ||||||||
Membuat index | Mengkontraskan | Mencanagkan | Membuat dasar pengkontras | Mengarang | Memutuskan | ||||||||
Memasangkan | Mengubah | Mengkalkulasi | Mengkorelasikan | Membangun | Memisahkan | ||||||||
Menemutunjukkan | Mempertahankan | Menangkap | Mendeteksi | Menanggulangi | Memprediksi | ||||||||
Menamai | Menguraikan | Memodifikasi | Mendiagnosis | Menghubungkan | menilai | ||||||||
Membuat kerangka | Menjalin | Mengklasifikasikan | Mendiagramkan | Menciptakan | Memperjelas | ||||||||
Menandai | Membedakan | Melengkapi | Mendiversifikasikan | Mengkreasikan | Merangking | ||||||||
Membaca | Mendiskusikan | Menghitung | Menyeleksi | Mengkoreksi | Menugaskan | ||||||||
Menyadari | Mengunggulkan | Membangun | Memerinci ke bagaian-bagian | Memotret | Menafsirkan | ||||||||
Menghapal | Menggali | Membiasakan | Menominasikan | Merancang | Memberi pertimbangan | ||||||||
Meniru | Mengira | Mendemonstrasikan | Mendokumentasikan | Mengembangkan | Membenarkan | ||||||||
Mencatat | Mencontohkan | Menurunkan | Menjamin | Merencanakan | Mengukur | ||||||||
Mengulang | menerangkan | Menentukan | Menguji | Mendikte | Memproyeksi | ||||||||
Mereproduksi | Mengemukakan | Menemukan | Mencerahkan | Meningkatkan | Memerinci | ||||||||
Meninjau | Memperluas | Menggambarkan | Menjelajah | Memperjelas | Menggradasi | ||||||||
Memilih | Mempolakan | Menemukan kembali | Membagankan | Memfasilitasi | Merentangkan | ||||||||
Menyatakan | Memfaktorkan | Membagankan | Memfile | Membentuk | Merekomendasikan | ||||||||
Mempelajari | Menggeneralisasikan | Menggunakan | Membuat kelompok | Merumuskan | Melepaskan | ||||||||
Mentabulasi | Memberikan | Menilai | Mengidentifikasi | Menggeneralisasi | Memilih | ||||||||
Memberi kode | Menmyimpulkan | Melatih | Mengilustrasikan | Menumbuhkan | Merangkum | ||||||||
Menelusuri | Berinteraksi | Menggali | Menyimpulkan | Menangani | Mendukung | ||||||||
Menulis | Mengumpulkan | Membuka | Menginterupsi | Mengirim | Mengetes | ||||||||
| Memaknai | Mengemukakan | Menemukan | Memperbaiki | Memvalidasi | ||||||||
| Mengamati | Membuat faktor | Menelaah | Menggabungkan | Membuktikan kembali | ||||||||
| Merumuskan kembali | Membuat gambar | Menata | Memadukan | | ||||||||
| Menggrafikkan | Membuat grafik | Mengelola | Membatasi | | ||||||||
| Meramalkan | Menangani | Memaksimalkan | Menggabungkan | | ||||||||
| Memperbaiki | Mengilustrasikan | Meninimalkan | Mengajar | | ||||||||
| Menulis kembali | Mengadaptasi | Mengoptimalkan | Membuat model | | ||||||||
| Membuat abstraksi | Menyelidiki | Memerintahkan | Mengimprovisasi | | ||||||||
| Merangkum | Memanipulasi | Menggarisbesarkan | Membuat jaringan | | ||||||||
| Menjabarkan | Mempercantik | Memberi tanda/kode | Mengorganisasikan | | ||||||||
| Mengkomunikasikan secara visual | Mengoperasikan | Memprioritaskan | Mensketsa | | ||||||||
| | Mempersoalkan | Mengedit | Mereparasi | | ||||||||
| | Mengkonsepkan | Menanyakan | Merencanakan | | ||||||||
| | Melaksanakan | Mengaitkan | Menampilkan | | ||||||||
| | Meramalkan | Memilih | Menyiapkan | | ||||||||
| | Menyiapkan | Memilah | Meresepkan | | ||||||||
| | Memberi harga | Mengukur | Memproduksi | | ||||||||
| | Memproses | Membagi ulang | Membuat program | | ||||||||
| | Memproduksi | Melatih | Menata ulang | | ||||||||
| | Memproyeksikan | Mentransfer | Merekonstruksi | | ||||||||
| | Melindungi | | Mencari referensi | | ||||||||
| | Menyediakan | | Menggunakan referensi | | ||||||||
| | Mengakitkan | | Mereferensikan | | ||||||||
| | Melingkari | | Memperbaiki | | ||||||||
| | Menyusun | | Menuliskan kembali | | ||||||||
| | Mempertunjukkan | | Menspesifikasikan | | ||||||||
| | Mensimulasikan | | Merangkum | | ||||||||
| | Mensketsakan | | Mengkomposisikan | | ||||||||
| | Memecahkan | | | | ||||||||
| | Melanggankan | | | | ||||||||
| | Mentabulasi | | | | ||||||||
| | Membuat transkrip | | | | ||||||||
| | Menterjemahkan | | | | ||||||||
| | Melakukan | | | | ||||||||
Ranah Psikomotor | |||||||||||||
Mengaktifkan | Mengoreksi | Melonggrakan | Mengalihkan |
| |||||||||
Menyesuaikan | Mengkreasikan | Membuat | Memecahkan masalah |
| |||||||||
Menggabungkan | Mendemonstrasikan | Memanipulasi | Menempel |
| |||||||||
Melamar | Merancang | Mereparasi | Memadankan |
| |||||||||
Mengatur | Memilah | Mencampur | Menjeniskan |
| |||||||||
Mengumpulkan | Melatih | Memmaku | Menjahit |
| |||||||||
Menimbang | Mengencangkan | Mengoperasikan | Mempertajam |
| |||||||||
Memperkecil | Memperbaiki | Menjalankan | Membentuk |
| |||||||||
Membangun | Mengikuti | Menekan | Mensketsa |
| |||||||||
Mengkalibrasi | Menggiling | Memproduksi | Memulai |
| |||||||||
Mengubah | Memegang | Menarik | Menyetir |
| |||||||||
Membersihkan | Memalu | Mendorong | Menggunakan |
| |||||||||
Menutup | Memanaskan | Memindahkan | Menimbang |
| |||||||||
Mengkombinasikan | Menggantung | Memperbaiki | Membungkus |
| |||||||||
Memposisikan | Mengidentifikasikan | Menggantikan | Mengemas |
| |||||||||
Menyambungkan | Mengisi | Memutar | |
| |||||||||
Mengkonstruksi | Menempatkan | Menggirim | |
| |||||||||
RANAH AFEKTIF | |||||||||||||
Menerima | Menanggapi | Bekerja sama | Menganut | Menghayati | |||||||||
Mempertanyakan | Bertanggungjawab | Mengasumsikan tanggungjawab | Mengubah | Bertindak | |||||||||
Memilih | Membantu | Meyakini | Menata | Mengubah perilaku | |||||||||
Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi | Mengklasifikasikan | Berakhlak mulia | |||||||||
Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan | Mengkombinasikan | Berfilosofi | |||||||||
Menmganut | Menyenangi | Memperjelas | Mempertahankan | Mempengaruhi | |||||||||
Mematuhi | Menyambut | Membedakan | Membangun | Menimbang masalah | |||||||||
Meminati | Mendukung | beriman | Membentuk pendapat | Mendengarkan | |||||||||
| Menyetujui | Memprakarsai | Menunjukkan dengan | Mengajukan usulan | |||||||||
| Menampilkan | Mengundang | memadukan | Mengkualifikasi | |||||||||
| Melaksanakan | Menggabungkan | Mengelola | Mempertanyakan | |||||||||
| Menampilkan | Memperjelas | Menimbang alternatif | Melayani | |||||||||
| Melaporkan | Berperanserta | Menegosiasi | Menunjukkan kematangan/kedewasaan | |||||||||
| Memilih | Mengusulkan | Berembuk | Memecahkan | |||||||||
| Mengatakan | Menekankan | Bersilang pendapat | Membuktikan kembali | |||||||||
| Membuat pertanyaan | Berbagi | | | |||||||||
| Memilah | Menyumbang | | | |||||||||
| Menolak | Bekerjakeras | | | |||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar